Skip to main content

follow us


www.azid.web.id - 3 Cara Membuat Blog Lebih SEO Hingga Skor 100. Blog yang SEO Friendly merupakan salah satu impian terbesar seorang blogger selain Mobile Friendly dan Responsive. Dengan skor SEO yang maksimal "100" menandakan blog kita memiliki peforma yang baik di mata google search engine dan memudahkan blog kita pada page one.

Lantas bagaimana cara untuk membuat blog agar lebih SEO hingga mencapai 100?, baik, dari sini saya akan sedikit menjelaskan beberapa cara agar blog menjadi SEO Friendly

BACA JUGA: Lazy Load Adsense untuk mempercepat blog pengguna adsense

Pertama, cari template blog yang SEO Friendly. Agar blog sobat SEO dengan mudah, maka hal yang perlu diperhatikan adalah "template" dengan template yang SEO Friendly secara otomatis sobat tidak akan repot-repot lagi untuk mensetting kembali blog sobat karena pastinya sudah SEO Frienldy dengan baik dan scor mencapai 100. Bagaimana melihat template yang SEO Friendly?, biasanya pada setiap penjual template blogger atau share template blogger pasti mendeskripsikan template mereka dengan berbagai keterengan terhadap template tersebut salah satunya adalah tentang uji SEO Friendly. Jika sobat belum percaya terhadap penyedia layanan templaate tersebut, sobat bisa mengecek sendiri dengan alat uji SEO seperti SEO Checker, Site SEO CheckerSEO Site Checkup, Audit Inpect di google chrome (klik kanan inpect - audit) maupun penyedia alat SEO lainnya.

Apa rekomendasi template yang SEO Friendly?, dari pengalaman saya, ada beberapa penyedia layanan template yang SEO Friendly yang tidak diragukan lagi seperti kompiajaib.com, diantara templatenya seperti kompiflexible, kompiminimalis, kompiajaib AMP HTML, sugeng.id dimana template yang sekarang terkenal adalah template VIOMAGZ yang pada deskripsinya dengan jelas bahwa pada template tersebut mas sugengn menjelaskan bahwa template viomagz sudah sangat SEO Frienldy sehingga sobat tidak perlu mengotak-atiknya lagi. Dan rekomendasi terkahir adalah template buatan kak Arlina Design dan Kak Igniel.

Kedua, Setting Meta Tag dan Meta Description. Hal yang perlu diperhatikan selain template yang SEO Friendly adalah meta tag dan meta deskripsi pada blog sobat. Sebuah hal yang nihil jika template sobat sudah SEO Friendly namun sobat belum memberikan meta tag dan deskripsi pada blog sobat. Untuk menuliskan meta tag dan meta deskripsi pada blog sobat, sobat hanya perlu menuju pada menu layout - klik header - dan tulis deskripsi blog sobat pada kolom deskripsi.

Apakah hal tersebut sudah cukup?, dari pengalaman saya, hal tersebut tidaklah cukup, sobat juga perlu mengaktifkan meta tag deskripsi pada menu setting agar nantinya deskripsi sobat cepat terindex oleh google. Untuk mengaktifkannya sobat bisa menuju pada menu setelan - preferensi penelusuran - pilih "ya" untuk mengaktifkan - tulis deskripsi sebagaimana pada menu layout tadi - dan klik simpan perubahan.

Dengan mengkatifkan meta deskripsi tadi, maka pada setiap sobat akan membuat postingan maka akan tampil kotak search description di sebelah kanan bawah. Sobat bisa menuliskan deskripsi terkait informasi artikel yang sobat buat. Misalnya sobat akan membuat postingan dengan judul "cara membuat blog menjadi SEO Friendly" sobat bisa menuliskannya pada search description dengan judul terserbut.

BACA JUGA: Lazy Load Google Analytics untuk mempercepat blog

Namun perlu diperhatikan jika meta deskripsinya telalu pendek, google akan mengidentifiskasi artikel sobat dengan kesalahan pada "short meta description" pada webmaster tools sobat. Agar tidak mengalami hal tersebut setidaknya panjang search description diantara 12-20 kata. Mengapa demikian?, jika terlalu panjang juga akan mengalami kesalahan long description pada webmaster tools blog sobat. Contoh: "cara membuat blog menjadi SEO Friendly" bagi saya judul tersebut adalah terlalu pendek, oleh karena itu saya perlu menambahkan deskripsinya dan menjadi seperti "3 cara membuat blog menjadi SEO Friendly salah satunya adalah dengan menggunakan template yang SEO Friendly".

Ketiga, Memasang Tag Keyword pada template blog sobat. Selain kedua hal tersebut, sobat juga bisa menambahkan keyword agar mudah bersaing dan menjadi page one. Untuk mengetahui blog sobat sudah terdapat meta keyword atau belum sobat bisa menuju menu template - edit HTML - dan cari  tulisan "keyword" didalam tag <head> ..... </head>. Untuk lebih jelasnya seperti berikut


<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
  <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    <meta expr:content='data:blog.metaDescription + &quot;, &quot; + data:blog.title' name='keywords'/>
  </b:if>
  <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <meta expr:content='data:blog.metaDescription + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='keywords'/>
  </b:if>
</b:if>

Jika tidak ada, sobat bisa menggunakan script tersebut dan meletakkannya dibawah kode <head>

Untuk script manual, sobat bisa menggunakan script dibawah ini;


<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
  <meta content='tulis kata kunci halaman depan disini' name='keywords'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
  <meta content='tulis kata kunci halaman postingan disini' name='keywords'/>
</b:if>

Tambahan, Sudah mencintai tampilan template namun skor SEO dibawah 100

Bagi sobat yang sudah menggunakan template blog, namun skor SEO kurang dari 100, sobat bisa mengecek kesalahan yang ada pada template sobat dari segi SEO. Cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan layanan audit di google chrome. Caranya sebagaimana berikut;

Masuk google chrome - klik kanan dan pilih inpect - tunggu sebentar sampai menu inpect muncul - klik audit yang terletak paling kaanan - jalankan pemeriksaan dengan tombol biru - tunggu sampai proses selesai - jika sudah selesai akan tampil skor SEO yang berada paling kanan - klik saja maka akan ditampilkan kesalahan yang menyebabkan skor SEO kurang dari 100.

BACA JUGA: Membuat app blog kita tampil di android tanpa isntall ke google playstore

Dari skor SEO, pengalaman yang sering saya alami adalah terletak pada description. Oleh karena itu sobat bisa mempraktekkan cara pada point kedua di tutorial ini. Namun jika cara tersebut tidak berhasil berarti ada kesalahan atau belum adanya script decsription pada blog sobat.

Sobat bisa menuju menu template - edit html dan cari kode kurang lebih seperti dibawah ini


<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
  <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>

Jika tidak ada seperti contoh diatas, sobat bisa meletakkannya pada template sobat di bagian <head>. Dan jika sobat ingin manual sobat bisa menggunakan meta deskripsi dibawah ini


<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
  <meta content='tulis deskripsi blog disini' name='description'/>
</b:if>

Demikianlah 3 Cara Membuat Blog Lebih SEO Hingga Skor 100. Semoga artikel ini bermanfaat . Amin.
PERHATIAN!: setiap link template pada blog ini di direct 5 -7 kali jadi harap bersabar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar