Skip to main content

follow us


www.azid.web.id - Cara Membuat Watermark Otomatis Pada Blog AMP. Watermark? mungkin sudah pernah dengar, apalagi bagi mahasiswa yang sudah melaksanakan sidang skripsi dan daftar wisuda. Salah satu syaratnya adalah mengupload skripsi kita ke digilib situs kampus kita dan tentunya harus disertakan watermark. Sebagai blogger, kita seharusnya memberikan watermark pada image atau gambar kita, agar gambar kita terlihat original milik kita meskipun pada dasarnya ada yang mengambil dari google search engine. Dengan watermark tersebut, image kita akan aman dari pengakuan iamgae terhadap kepemilikan orang lain yang mengakui image kita. Selain itu watermark, pengertian mudahnya adalah watermark berfungsi untuk mematenkan dan melegalkan image atau gambar kita dan menunjukkan bahwa gambar tersebut benar-benar kita yang buat dengan bukti ada label identitas pada gambar tersebut.

Lantas bagaimana jika blog kita sudah terlanjur membuat artikel banyak, namun sebelumnya belum diberikan label watermark agar gambar kita terdapat identitas kita? apakah kita harus mengedit ulang satu persatu gambar yang sebelumnya sudah kita posting?. Jika hal tersebut dilakukan tentunya kita akan kecapean dan bosan karena mengganti satu persatu gambar yang sebelumnya kita posting. Bisa saja hal tersebut kita lakukan, tetapi butuh waktu yang lama dan menguras tenaga.

Apakah ada cara lain untuk membuat watermark (label identitas) tanpa mengubah dan mengedit gambar secara manual?. Untuk jawaban ini tentunya pasti ada dan kita bisa mengakalinya dengan bantuan css. Dengan menggunakan kode css kita bisa membuat gambar secara otomatis terdapat watermark nama domain kita. Selain itu cara ini sangat efektif dan efesien tanpa membutuhkan waktu lama dan menguras tenaga. Bagaimana caranya?, untuk cara membuat watermark otomatis pada blog AMP kita bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini;

Pertama, buka blogger sobat dan klik menu tema/thme - edit HTML.
Kedua, letakkan kode berikut ini tepat didalam kode amp-custom
 .post-body amp-img:after {content: "TEXT ANDA";position: absolute;bottom: 8px;left: 16px;font-size: 10px;background-color: white;color: black;text-align: center;border-style: solid;border-width: 1px;margin: 2px;padding: 0px 5px 0px 5px;opacity: 0.5;text-transform: uppercase;}

Ketiga, SAVE Template sobat. dan lihat hasilnya, pada gambar sobat akan terlihat label domain sobat.

Keterangan: ganti "TEXT ANDA" dengan domain sobat atau tulisan lainnya sesuai keinginan. buttom:8px adalah letak teks watermark, jika ingin letaknya diatas bisa menggantinya dengan "up".  "left:16px" adalah letak watermark bahwa berapa di kiri dengan jarak 16px, jika ingin ditelatakkan dikanan tinggal menggantinya "right".

Apakah ada kelemahan membuat watermark otomatis ini?. Menurut saya setiap jalan pintas atau terggesa-gesa pasti memiliki kelemahan, sebagaimana membuat watermark ini. Watermark yang saya dapatkan dari alinuxblog.com ini memiliki kelemahan yaitu ketika gambar didownload tidak akan nampak watermarknya dikarenakan tidak permanen. Meskipun demikian, jika menggunakan cara ini tetap terlihat profesional dimata orang yang melihat dan belum mengetahuinya. Dengan ada watermarek tersebut setidaknya orang yang ingin mendownload gambar kita, tidak akan jadi mendownloadnya dikarenakan ada watermark yang menempel.

Apakah watermark tersebut bisa digunakan diblog Non AMP?. Jawabannya tentu bisa, karena kode tersebut adalah sebuah css jadi tentunya bisa, sobat tinggal meletakkan kode tersebut tepat diatas kode </style>.

Demikianlah artikel tentan cara membuat watermark otomatis pada blog AMP. Semoga artikel ini bermanfaat, Amin.

PERHATIAN!: setiap link template pada blog ini di direct 5 -7 kali jadi harap bersabar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar